Tiga Hikmah Yang Terkandung Dalam Subuh Berjamaah


Baca juga : Wabup Subuh Berjamaah di Tomo


Subuh berjamaah di awal Tahun 2020 dimulai di Kecamatan Cibugel yang dihadiri langsung Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan beserta anggota Tim Subuh Keliling bertempat di Masjid An-Nur Desa Jaya Mekar, Kamis (23/1/2020).

Dalam sambutannya Wabup H Erwan Setiawan mengatakan, setidaknya ada tiga hikmah yang terkandung di dalam pelaksanaan Subuh Berjamaah seperti yang saat itu dia ikuti. "Pertama yaitu menyatukan Hati ataupun Ta'liful Qulub.Kalau masyarakat muslim shalat berjamaah di mesjid, tentu akan merasakan persamaan tingkat dan kedudukan sehingga akan terjadi penyatuan hati di antara sesama mereka, akan timbul perasaan kasih sayang karena bertemunya manusia satu dengan yang lain dan saling berjabat tangan, menjadi sebab timbulnya cinta kasih dan persahabatan," ungkapnya.

Ia menambahkan, hikmah kedua dari salat berjamaah adalah terjadi kesamaan pikiran dan penyatuan visi misi atau Ta' liful Fikri. "Hal ini terjadi karena mereka digembleng oleh kebersamaan dalam ibadah yakni mereka ruku dan sujud bersama- sama. Orang yang rajin shalat di masjid, maka ia mudah empati dan simpati kepada orang lain," ucapnya.

Hikmah ketiga, lanjut Wabup, adalah penyatuan tindakan dan pergerakan atau Ta' liful Harokah. "Kaum muslim yang rajin shalat di masjid, akan mempunyai kesamaan dalam hal mengerjakan apa yang harus dilakukan karena ia terbiasa disiplin dan bergerak dipimpin oleh seorang imam," ucapnya.

Dengan shalat berjamaah, masih kata Wabup, seseorang membiasakan diri untuk mengikuti gerakan imam dengan seksama. "Jika imam takbir, ia pun akan takbir.Ia tidak boleh mendahului, tidak boleh tertinggal jauh dengan imam, dan tidak boleh bersamaan, tetap mengikuti," tukasnya.

Wabup menjelaskan, kegiatan Solat Subuh berjamaah tersebut merupakan yang pertama dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang di awal Tahun 2020. "Oleh karena itu, segala suka dan duka hidup kita yang telah terlewati setahun sebelumnya, dapat dijadikan sebagai bahan refleksi menuju permulaan hidup baru di tahun 2020 ini," ujarnya.

Wabup juga berharap agar umat menjaga selalu keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya di wilayah Kabupaten Sumedang demi terciptanya Sumedang Simpati. "Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumedang untuk menjadikan tahun 2020 ini menjadi tahun yang menyenangkan dan penuh harapan untuk meningkatkan kemakmuran," pungkasnya.

Pada kesempatan itu diserahkan pula bantuan berupa sarana alat kebersihan dan Bantuan Kotak literasi Cerdas (Kolecer) dari Wakil Bupati Sumedang yang diterima Camat Cibugel Cicin Sondali, S.Sos. Kolecer ini akan berfungsi sebagai wadah sarana untuk warga yang ingin membaca buku- buku.


Subuh Berjamaah

Berita Terkait