SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Event dunia di Sumedang yaitu West Java Paragliding World Championship berakhir. Tim medis lega bisa menangani kondisi pilot yang mengalami cedera atau alami gangguan kesehatan selama mengikuti kompetisi. Dari data tim medis, tercatat ada 4 orang piloit yang sakit dan atau mengalami trauma lalu dirujuk ke RSUD Sumedang. Pilot tersebut berasal dari Indonesia, Philifina, Cina dan Korea.

“Kasus pilot yang sakit atau trauma akibat cedera ada 3 orang dan semuanya dirujuk rumah sakit dan tertangani dengan baik berkat koordinasi tim medis di lapangan dan tim medis yang bersiaga di rumah sakit,” kata Aan Sugandhi, Koordinator  Tim Medis Panitia West Java Paragliding World Championship, Selasa (297/10/2019).

Aan menjelaskan dari kasus medis tersebut rinciannya adalah 1 atlet Indonesia mengalami dipepsia atau keluhan atau nyeri pada lambung. 1 atlet dari Philipina dan China mengalami diare dan 1 atlet korea mengalami trauma/cedera saat bertanding. Tidak ada pilot yang mengalami cedera hebat.

Selama bertugas tim medis mengalami kendala yaitu komunikasi dan koordinasi yang kurang baik, sehingga tim mengatasinya dengan cara terus menerus aktif berkoordinasi dengan semua pihak.***(vrs)

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)