TNI, Polri dan Warga Tanam Pohon di Hutan Rakyat Ciela Cibugel


Baca juga : Ribuan Bibit Pohon Ditanam di Kareumbi
TNI, Polri dan Warga Tanam Pohon di Hutan Rakyat Ciela Cibugel


CIBUGEL - Anggota TNI dan Polri bersama warga melakukan penanaman bibit pohon di kawasan hutan rakyat blok Ciela, Desa Jayamekar Kecamatan Cibugel.

Kapolsek Cibugel AKP Kiki Hartaki mengatakan, penghijauan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian alam khususnya di wilayah hukum Polsek Cibugel. "Melestarikan kawasan hutan bukan hanya tanggung jawab salahsatu intistusi saja, melainkan tanggung jawab bersama dalam menjaga alam agar tetap lestari. Apalagi Sumedang kaya akan potensi hutan," ujarnya, Senin (13/1/2020).

Dikatakan, bibit pohon yang ditanam adalah tanaman keras. Ia menekankan pohon-pohon yang baru ditanam tetap dijaga hingga tumbuh besar. "Kami mendukung program pemerintah khususnya dalam pelestarian hutan. Kami akan terus konsisten dan tidak segan dalam penegakan hukum kepada pelaku pidana yang merusak ekosistem hutan, termasuk illegal logging," katanya lagi.

Kapolsek menuturkan, penanaman pohon sangatlah penting untuk menjaga ekosistem lingkungan hidup. Oleh sebab itu, pihaknya berinisiatif untuk terjun ke lapangan, mendorong kegiatan semacam ini.  "Sesuai dengan program Pemkab Sumedang, dan arahan Pak Kapolres. Penanaman ini sangat penting karena guna menjaga lingkungan agar tetap asri. Lebih guna lagi, sebagai upaya mencegah banjir dan tanah longsor. Karena akar pohon dapat menyerap air dan menangkal terjadinya longsor," ujarnya. 

Menurutnya, keterlibatan anggota TNI bersama Polri secara bersama sama akan mampu membangun terciptanya ruang terbuka hijau. (agn)


Penghijauan, Cibugel

Berita Terkait