SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Danramil 1001/Sumedang Utara Kapten Inf Ruhdi Prasetijo melalui Batibung Perwakilan Koramil Sumedang Selatan Peltu Aji Purwana melaksanakan kegiatan karya bhakti  dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2019. Tema Hari Juang TNI AD Tahun 2019 ini adalah "TNI AD ADALAH KITA". Kegiatan dilaksanakan dengan menjaga kebersihan yang bertujuan untuk  membangun kebersamaan antara TNI dengan masyarakat.

“Hari Juang diperingati dengan menggelar pembersihan sungai sebagai antisipasi musim hujan dan banjir,” kata Peltu Aji Purwana, Selasa (10/12/2019).

Dengan terciptanya kondisi sungai yang bersih, aliran air sungai dapat  berjalan dengan normal, karena tidak tersumbat oleh tumpukan sampah atau material lainnya.

"Apabila aliran sungai normal dan lancar,  kita bisa terhindar dari luapan air sungai dan terbebas dari banjir," katanya.

Sungai yang dibersihkan adalah di Lingkungan Sindangpalay, Kelurahan Pasanggrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan. Sungai ini sering meluap dan menyebabkan banjir ke pemukiman dan jalan umum.

Ketua RW. 04 lingkung Sindangpalay, Yana Mulyana, mengatakan, pelaksanaan karya bhakti pembersihan saluran sungai di lingkungan Sindangpalay menjadi solusi agar terhindar dari banjir.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada bapak-bapak TNI dari Koramil Sumedang Selatan yang sangat peduli akan kebersihan dan keselamatan warga kami, daerah kami ini memang bisa dikategorikan daerah rawan banjir musiman. Pokoknya apabila terjadi hujan, pasti sungai ini meluap dan menyebabkan banjir ke pemukiman warga" ujarnya.

Menurutnya, warga akan selalu berupaya untuk mencegah terjadinya banjir yang disebabkan oleh luapan sungai tersebut, dengan cara komitment untuk tidak membuang sampah ke aliran sungai, karena dapat menyebakan aliran sungai tersumbat. ***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)