Penulis : Puju Marliyana | Editor : Deddi Rustandi

PPS - Pj. Sekda Sumedang Tuti Ruswati berhasil meraih penghargaan pada Anugerah PNS Berprestasi Provinsi Jawa Barat Tahun 2023. Tuti Ruswati berhasil meraih juara ke III PNS berprestasi kategori inspiratif. Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Pj. Sekda Provinsi Jawa Barat M. Taufiq Budi Santoso, di El hotel Bandung, Senin (27/11/2023).

Menurut Tuti, kategori inspiratif yakni bagaimana menilai seorang ASN bisa menginspirasi seluruh ASN di lingkungannya termasuk di masyarakat. “Semoga dengan pencapaian prestasi ini bisa memotivasi diri saya sendiri termasuk ASN lain, bahwa dalam bekerja harus berintegritas, berkompeten, dan berkinerja tinggi karena proses tidak akan mengkhianati hasil," ucapnya.

Tuti mengungkapkan penghargaan yang diraihnya terinspirasi dari para pemimpin Sumedang sebelumnya. "Saya mempunyai satu tokoh inspirasi yang betul-betul mengajarkan kepada kami untuk mempelajari kemudian meneladani role model ini dari Pak Dony Ahamd Munir Bupati periode 2018-2023. Beliau meraih penghargaan the best over all Bupati seluruh Indonesia. Tentunya ini sangat menginspirasi kami selaku ASN," ungkapnya.

Kemudian lanjut Tuti, sosok yang diteladani berikutnya yakni Pj. Bupati Sumedang saat ini yaitu Herman Suryatman. "Saya juga meneladani Pj. Bupati Bapak Herman Suryatman, dari sisi kinerja, kompetensi, prestasi dan sebagainya. Beliau juga penerima piala Adighana tingkat Nasional, sehingga ini juga menginspirasi dan memotivasi kami untuk terus meningkatkan kinerja dan motivasi kami sehingga bisa terus berkiprah tidak hanya di tingkat kabupaten tapi juga tingkat nasional," ujarnya.

Penilaian ASN berprestasi dilakukan sangat panjang dengan lima tahap penilaian mulai dari bulan Mei sampai November 2023. "Jadi perjalanannya sangat panjang dan alhamdulillah berkat dukungan dari seluruh stake holders yang ada di Kabupaten Sumedang, akhirnya bisa menghantarkan salah satu ASN nya untuk berprestasi di tingkat Jawa Barat," tuturnya.

Menurut Tuti, penghargaan tersebut nantinya akan berlanjut ke tingkat nasional tentunya melalui tahapan seleksi. "Mudah-mudahan dari Kabupaten Sumedang ada yang bisa diikut sertakan kembali ke tingkat nasional," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)