GUNUNG PALASARI - Bupati H Dony Ahmad Munir melepas pesepeda untuk menjajal trek cross country (XC) di Gunung Palasari, Minggu (15/12/2019). Ratusan pesepeda mencoba trek tanah XC Mountains Bike Tahura Gunung Palasari 2019.

Bupati mengatakan,  Sumedang memiliki potensi pariwisata yang belum bayak dikembangkan dan di ekspolrasi. Salah satunya adalah hutan kota di Palasari, tidak hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi, refreshing untuk menghirup udara segar tetapi juga untuk sport tourism, pariwisata olahraga. "Kita punya Gunung Palasari yang berada di pusat kota, jaraknya hanya 2 km dari jalan nasional Bandung-Sumedang  atau 3 km dari  Alun-alun Sumedang.Ini luar biasa, potensinya sangat baik dan tentunya harus kita kembangkan" katanya.

Pemkab bekerjasama dengan ISSI Sumedang dan komunitas sepeda berkeinginan menjadikan Gunung Palasari ini yang  berada di bawah pengawasan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjadi bagian sport tourism olahraga pariwisata sepeda. Menjadi taman bersepeda, Bike Park.

Bupati juga mengatakan,  Gunung Palasari sudah menjadi trek tetap untuk mountain bike, cross country dan down hill bagi para komunitas pesepeda.  "Silahkan gunakan trek ini, trek terbaik yang dimiliki Gunung Palasari yang tidak jauh dari kota. Ada trek downhill, cross country, menjadi sport tourism, dan menjadi wahana kita untuk berolahraga, serta memberikan wadah bagi komunitas sepeda di seluruh Indonesia terkhusus di Kabupaten Sumedang," ujarnya

Bupati Dony menegaskan, ke depan Tahura Gunung Palasari akan terus di tata. Ia pun meminta kepada Dinas DLHK dan Disparbudpora untuk terus melakukan koordinasi dengan melibatkan masyarakat setempat agar menjadi wisata unggulan.  "Saya berharap adanya kantung- kantung parkir, ada sodetan- sodetan setiap 50 meter, sehingga kalo ada mobil dari arah berlawanan bisa di lalui dengan lancar,” katanya.

Selain itu, terang dia,  ada fasilitas sosial, fasilitas umum, seperti toilet  yang bersih,  tempat tempat untuk UMKM, kuliner, mushola. “Rencananya akan di bangun sirkuit untuk BMX dan bisa untuk menampilkan seni dan budaya," kata bupati. [mth]

(penerbit: sumedangkab.go.id)