SUMEDANG - Sejumlah produk UMKM Sumedang dipastikan akan masuk pasar ke Negara Malaysia dan Singapura. Hal tersebut di sampaikan Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan, saat selesai menghadiri acara Sosialisasi Penataan Sampah di Kota Bandung, Pada Jumat, (26/05/2023).

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan, mengatakan, hal tersebut terjadi pasca UMKM Sumedang yang ikut manggung di sebuah event besar di Kota Batam yang dihadirinya bersama Kadiskop UMPP dan Ketua Kadin Sumedang beberapa hari lalu.

" Alhamdulillah Ada ketertarikan dan kesanggupan dari Kadin Batam untuk melakukan kurasi produk UMKM Sumedang ke dua negara tetangga. Maka dari itu kami akan percepat kurasi produk UMKM hasil kemarin dari pameran di Batam. Bukan hanya ke Singapura tetapi juga ke Malaysia” Ujarnya 

Lanjut Erwan, hal tersebut tidak lepas dari peran Kadin Sumedang dan Kadin Batam yang telah memfasilitasi hal tersebut.

"Mudah-mudahan produk unggulan Sumedang pada tanggal 19 dan 20 Juni 2023 nanti bisa dibeli oleh Malaysia dan Singapura. Pokoknya antara Senin dan Rabu depan akan kami kirim dulu produknya,” Ungkapnya

Wabup memastikan, produk UMKM yang di-kurasi ini merupakan produk pilihan yang telah mengantongi beberapa persyaratan khusus. Diantaranya perizinan lengkap, serta rasanya yang enak.

"Yang pasti perizinannya lengkap, rasanya enak, sesuai dengan selera. Kemudian dari sisi packaging (kemasan) bisa diterima oleh Singapura dan Malaysia. Termasuk Batik khas Sumedang, produk kerajinan tangan juga kopi asli Sumedang,” Pungkasnya. (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)