GD NEGARA - Pemkab Sumedang mendapatkan apresiasi dari Universitas Padjadjaran dalam hal ini Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi karena dinilai dapat menjalankan strategi komunikasi yang baik dalam menangani pandemi covid 19.

Apresiasi tersebut langsung disampaikan Dekan Fikom Unpad Dadang Rahmat Hidayat kepada Bupati H Dony Ahmad Munir saat menjadi pembicara pada webiner yang digelar oleh Departemen Komunikasi dan Korporasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran yang bertajuk "Strategi Komunikasi Publik Pemerintah Di Masa Pandemi Covid 19", Kamis (25/11/2021).

Menurut Dadang kolaborasi dan orkestrasi yang dilakukan Pemkab Sumedang sudah cukup kuat dan luar biasa, termasuk mitigasi komunikasinya sudah sangat baik.

Sementara itu dalam paparannya bupati mengatakan, strategi komunikasi publik yang baik dalam penanganan Covid-19 harus dimulai dari hulunya dengan cara memahami penyebab utama segala permasalahan. Dan untuk mempercepat penyampaian informasi yang efisien, terjangkau dan transparan kepada seluruh pemangku kepentingan, komunikasi yang dibangun berbasis digital sebagai wujud SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

Dijelaskan bupati beberapa aplikasi dihasilkan saat terjadinya Pandemi Covid-19 dan telah mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan.

Diantaranya aplikasi Markonah atau Mari Kerja Online dari Rumah untuk WFH, ada juga 'Maijah' atau Mari Jaga dan Cegah, kemudian untuk informasi terkini perkembangan Covid-19, ada 'Mauneh' atau Mari Update Data Bansos agar Tidak Nyeleneh, 'Amari' atau Aplikasi Mawas Diri (Covid-19) dan terakhir diluncurkan 'WA Kepo' atau Whatsapp Kebutuhan Informasi dan Pelayanan Online.  (edk).

(penerbit: sumedangkab.go.id)