Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

BAZNAS - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Sumedang resmi memberikan Surat Keputusan (SK) bagi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di satuan pendidikan. SK tersebut terkait program BAZNas Goes To School, yang diluncurkan untuk membantu menyelesaikan persoalan pendidikan khususnya di kalangan para siswa yang kurang mampu. 

Ketua BAZNas Kabupaten Sumedang, H Ayi Subhan Hafa, mengatakan saat ini pihaknya sudah bergerak ke tingkatan SMP untuk membuat gerakan amal atau kepedulian sosial melalui gerakan sedekah di sekolah masing-masing.

"Tentunya ini bukan hanya sebuah gerakan dakwah, karena kami berharap bisa membangun rasa kepedulian sosial dan empati tinggi antara siswa dengan teman-temannya, saling membantu melalui program ini," kata Ayi, Kamis, 9 November 2023.

Disebutkan, secara legitimasi pihaknya telah memberikan SK UPZ kepada para kepala sekolah sebagai kepanjangan tangan dari BAZNas. SK tersebut nantinya sebagai payung hukum untuk melakukan penggalangan donasi dana infaq sedekah sekolah. 

"Soal besaran kami serahkan secara teknis kepada sekolah. Untuk menggalang jangan khawatir karena sudah diberikan payung hukum berupa SK secara undang-undang dibolehkan untuk menghimpun dana sedekah. Ada melalui kupon infaq Rp 2.000 atau gerakan infaq sedekah. Insya Allah akan tercatat di UPZ sekolah masing-masing kemudian di laporkan ke BAZNas sebagai lembaga-lembaga yang mengeluarkan mandat," terang Ayi Subhan. 

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Sumedang, Edeng Sutarya mengatakan, pihaknya mendukung penuh gerakan pengumpulan infaq dan sedekah di satuan pendidikan.

"Sungguh ini sebuah program yang bermanfaat karena nantinya dana infaq sedekah yang dikumpulkan akan digunakan oleh siswa yang membutuhkan. Betul memang jika di satu sekolah ada persoalan pendidikan yang dialami siswa, maka setidaknya teman-teman siswa itu sendiri bisa membantu. Salah satunya melalui penghimpunan dana infaq sedekah di sekolah," ucapnya. 

Adapun hingga kini sudah lebih dari 166 UPZ Sekolah di bawah naungan Kemenag Sumedang. Sedangkan sekolah di bawah naungan Disdik sudah terbentuk 605 UPZ.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)