Penulis: Pupuh S Wijaya | Editor: Vera Suciati

Maraknya usaha kopi di Sumedang di aharpkan tidak sekedar tren yang akan punah dalam waktu tertentu. Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan berharap usaha kopi akan menjadi mata pencaharian atau profesi kawula muda yang akan terus melegenda sampai nanti. Hal itu ia kemukakan saat menjadi pembicara pada Talkshow Perkembangan Kopi dalam rangka peringatan 7 Tahun "Inimah Sumedang" di Sawala Space & Cafe, Jalan Kartini No. 28 Sumedang, Sabtu (20/2/202).

"Fenomena bertumbuhkembangnya usaha Kopi di Sumedang ini jangan hanya sesaat saja. Jangan hanya musiman, nanti hilang, tetapi haus menjadi sebuah mata mencaharian yang dilakukan profesional, karena kalau namanya profesi maka akan terus terjaga usaha ini," tuturnya.

Oleh karena itu, sebagai upaya mempertahankankannya, Pemda Kabupaten Sumedang telah menetapkan tanggal 7 Oktober untuk diperingati sebagai Hari Kopi Sumedang setiap tahunnya.

Dikatakan, Pemda menyambut baik tingginya minat masyarakat untuk mengembangkan usaha Kopi, khususnya Kopi Sumedang.

"Salah satu bentuk kepedulian kami dan sambutan untuk para penggiat Kopi di Kabupaten Sumedang, kita menggelar berbagai kegiatan seperti Festival Kopi Sumedang sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kopi Sumedang," ucap Wabup

Wabup juga menerangkan, Pemda juga melalui dinas terkait mempunyai program pembinaan dan pelatihan kepada para petani Kopi mulai dari budi daya Kopi sampai ke perawatan dan proses paska panen sehingga para petani bisa betul-betul menghasilkan Kopi terbaik di Sumedang. Pemkab juga memberikan bantuan berupa peralatan paska panen seperti alat roasting Kopi yang diberikan kepada beberapa UMKM Kopi. Kita juga berikan fasilitas permodalan KUR.

Wabup berharap ke depannya  Kopi menjadi andalan Kabupaten Sumedang dimana hampir di setiap kecamatan di Sumedang bisa menghasilkan kopi.

Lebih jauh, ia juga menginginkan di setiap rest area Tol Cisumdawu harus ada kedai Kopi Asli Sumedang, bukan kopi-kopi produk luar yang belum tentu bermanfaat bagi masyarakat Sumedang sendiri.

Wabup juga mengapresiasi digelarnya kompetisi menyajikan kopi bertajuk "Inimah Brew Coffee Competition" yang diadakan oleh Inimah Sumedang" seraya berpesan kepada para peserta agar mengikuti dengan sungguh-sungguh.

Jajang Badru selaku Ketua Panitia Pelaksana dalam laporannya mengatakan, Inimah Brew Coffee Competition merupakan rangkaian dari Aniversary Inimah Sumedang yang ke-7 Tahun.

"Alhamdulilah Inimah Sumedang sudah 7 Tahun. Kompetisi Seduh Kopi dan TalkShow ini merupakan kolaborasi penuh Inimah Sumedang dan Seduh Sumedang. Kegiatan Seduh Kopi ini diikuti 16 peserta dan sudah diseleksi tinggal 5 peserta yang nanti akan battle di final secara open bar," ucapnya.

Dikatakan, rangkaian kegiatan dilaksanakan secara hybrid, jadi selain diikuti langsung di lokasi juga melalui streaming di youtube Inimah Sumedang.

"Kegiatan dilaksanakan dengan mengutamakan protokol kesehatan yang sangat ketat. Jadi betul- betul peserta dibatasi dan peserta wajib mengikuti standar protokol yang ketat," kata Jajang.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)