SUMEDANGKAB.GO.ID, DINAS PETERNAKAN - Dinas Peternakan dan Perikanan mengusulkan dana Coorporate Social Responsibility (CSR) kepada Bank bjb dan Bank Sumedang untuk diberikan sebagai bantuan modal usaha warga Jatigede. Kementerian Pertanian juga di Tahun 2020 akan memberikan bantuan berupa 1.000 ekor sapi. Di wilayah Situraja akan ada pemberdayaan masyarakat OTD berupa budidaya ikan dan pengelolaan lahan pertanian. Warga juga akan mendapatkan pelatihan dari Disnakertrans berupa pengelolaan kopi dan barista, pengolahan ikan asin dan barista, dan budidaya jamur.

Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ade Guntara, beragam bantuan ini digulirkan sebagai motivasi untuk menumbuhkan wirausahawan muda pertanian.

“Kementerian melalui pemerintahan di daerah ingin mendorong generasi muda untuk menjadi agripreuner atau pengusaha muda yang bergerak di sektor pertanian,” kata Ade.

Sementara, salah satu program yang digulirkan Kementerian Pertanian untuk mencapai tujuan ini adalah melalui program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP). PWMP merupakan salah satu kegiatan Kementan dalam rangka mewujudkan regenerasi petani yang dirancang untuk penyadaran, penumbuhan, pengembangan dan pemandirian minat, ketrampilan, dan jiwa kewirausahaan generasi muda di bidang pertanian. ***[hms/vrs]

(penerbit: sumedangkab.go.id)