SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Vamos Academy Sumedang mendorong Pemkab Sumedang dan pihak lainnya untuk melengkapi sarana futsal di Sumedang. Saat ini, para pehobi futsal melakukan latihan di beberapa lapangan futsal yang ukurannya cukup kecil. Padahal, ukuran lapangan futsal yang semestinya lebih besar lagi sesuai dengan ukuran standar. Di Sumedang, lapangan futsal ukuran standar hanya ada di GOR ITB di Jatinangor.

“Kita belum punya lapangan futsal yang berukuran standar, untuk itu kami sangat mendorong pemerintah dan pihak swasta bisa menyediakannya karena kami membutuhkannya sebagai sarana pengembangan olahraga prestasi futsal,” kata Koswara, Manajer Vamos Academy Sumedang, Senin (26/11/2019).

Salah satu pehobi futsal yang bergabung dengan Vamos Academy Sumedang, Raihan Rahmansyah Azhar, mengatakan lapangan yang selama ini digunakan latihan adalah berkarpet standar, namun ukurannya belum sesuai. Di Jawa Barat, lapangan berukuran stadnar ada di Tasikmalaya. Diharapkan Sumedang segera mempunyai lapangan futsal yang bagus.

“Beberapa materialnya bagus, tapi ukurannya belum sesuai standar yang kadang menyulitkan kami yang ingin eksplor olahraga futsal lebih jauh lagi,” kata Raihan.

Selain itu, kompetisi futsal lokal di Sumedang masih minim. Selama ini, klub futsal mengikuti kompetisi di luar kota. Padahal, sudah banyak pehobi dan klub futsal di Sumedang yang juga merintis olahraga futsal professional.

Olahraga futsal tergabung dibawah PSSI yaitu organisasi sepakbola. Futsal kini sudah dipertandingkan di PON dan event olahraga resmi lainnya. Termasuk di event olahraga internasional yaitu olimpiade.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)