Wabub Ajak Anak Sekolah Tanam Pohon


Baca juga : Wabub Ajak Anak Sekolah Tanam Pohon
KEK Jatigede Harus Tuntas Dalam 2 Tahun


DARMARAJA - Sebanyak 700 bibit pohon ditanam di objek wisata Cisema, Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja, pada acara penanaman 1 juta pohon, dalam rangka Karya Bakti Hari Juang Kartika 2019, Senin (2/12/2019). 

Acara dihadiri Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, Sekda Herman Suryatman, Dandim 0610/ Sumedang, Camat Darmraja, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Cimanuk-Citanduy, para kepala desa, dan kepala sekolah.

Wabup Erwan Setiawan mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan tercipta sebuah komitmen dan kesadaran bersama, bahwa alam atau lingkungan akan benar- benar menjadi kebutuhan hidup manusia yang membawa konsekwensi bagi manusia untuk selalu dijaga, dirawat dan dilestarikan. "Kami sengaja mengundang para kepala sekolah juga, tujuannya agar disampaikan kepada para siswa dari sedini mungkin bagaimana mereka untuk merawat dan menjaga alam ini," ujarnya.

Dikatakan, pihak sekolah diharapkan partisipasi dalam program penghijauan Pemerintah Daerah Sumedang pada Bulan Desember ini dan Januari 2020 nanti. Para siswa, kata dia, harus dididik mencintai alam sejak dini. Dari mulai menanam pohon, menjaga ,merawat sampai mereka tahu fungsi dari pohon itu sendiri .

"Bayangkan kalau minimal satu siswa menanam satu pohon, ada seribu siswa menanam secara serentak, maka akan ada seribu pohon tertanam," katanya.

Sekda Herman Suryatman menuturkan, penanaman bibit pohon akan kembali dilakukan di 52 desa di kecamatan wilayah Waduk Jatigede. Bibit yang ditanam berupa bibit pohon keras yang bisa meningkatkan konservasi.  "Mulai pertengahan Desember nanti akan ada gerakan penghijauan 1,7 juta bibit pohon di 52 desa seputaran Jatigede. Pohonnya yang produktif, sehingga bisa dipanen warga. Mudah-mudahan dalam waktu 3-5 tahun kawasan ini menjadi kawasan hijau, cuacanya sejuk, tidak panas seperti sekarang," ujarnya.

Sekda meminta dukungan semua pihak, termasuk para kepala sekolah. "Kedepan Jatigede akan jadi kawasan ekonomi khusus. Spirit ini harus ditularkan kepada para guru dan siswa," katanya. (agn)


Penanaman Sejuta Pohon, Jatigede, Cisema

Berita Terkait