RANCAKALONG - Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan didampingi Ketua BAZNas Sumedang Ayi Subhan memberikan bantuan Rutilahu senilai Rp 10 juta dan puluhan paket sembako di Dusun Pasir Kecamatan Rancakalong, Senin (9/3/2020).

Bantuan Rutilahu diberikan kepada Ibu Dari (70) warga Dusun Pasir RT 02 RW 04 Kecamatan Rancakalong. Bantuan paket sembako diberikan kepada 30 orang warga kurang mampu di dusun tersebut.

Wabup Erwan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada BAZNas Sumedang yang terus berkomitmen membantu Pemkab Sumedang dalam pengentasan kemiskinan. "Saya selaku ketua tim penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sumedang merasa sangat terbantu dengan kehadiran BAZNas. Ini adalah bukti komitmen dari BAZNas dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Sumedang, dan untuk  mengurangi kemiskinan di Kabupaten Sumedang," katanya.


Menurutnya, para camat dan Kepala Desa di Kabupaten Sumedang agar lebih aktif lagi mendata warganya yang masih mempunyai rumah tidak layak huni. "Saya targetkan tahun 2021 tidak ada lagi rumah tidak layak huni di Kabupaten Sumedang.  Dengan adanya bantuan rutilahu ini, semua rumah di Sumedang menjadi rumah yang sehat dan layak huni. Tidak ada lagi rumah yang beralaskan tanah, atap yang bolong dan MCK yang tidak memadai," katanya.

Hal tersebut, terang Erwan, untuk  meningkatkan tarap hidup masyarakat dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Sumedang. "Saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk senantiasa meningkatkan kebaikan dan kepedulian terhadap sesama, terutama pada mereka yang tidak mampu," kataanya.

Ketua BAZNas Ayi Subhan mengatakan sampai dengan bulan Maret 2020 sudah 80 rumah yang diberi bantuan Rutilahu dengan masing-masing bantuan senilai Rp 10 juta. "Disamping pemberian Rutilahu, kami juga menyalurkan 3,5 ton beras dan paket sembako untuk korban banjir di beberapa wilayah di Kabupaten Sumedang yang terjadi beberapa waktu lalu,"  katanya.

Ayi juga menegaskan, BAZNas berkomitmen untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat Kabupaten Sumedang yang sejahtera, agamis dan cerdas melalui program-program Baznas. (hms/vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)