IPP -  Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan memimpin upacara peringatan HUT ke-58  Pramuka tingkat Kabupaten Sumedang di lapangan Upacara IPP Setda Kabupaten Sumedang, Minggu (24/11/2019).

Ratusan undangan dan anggota Pramuka mulai dari tingkat siaga, penggalang, penegak, pandega dan perwakilan pramuka Sumedang yang tersebar di 26 kwartir hadir mengikuti upacara  yang mengambil tema “Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”.

Upacara peringatan hari Pramuka diawali dengan pelantikan Dewan kehormatan dan Pusdiklatcab Sumedang serta penganugerahan tanda penghargaan gerakan pramuka oleh Wakil Bupati Sumedang. Selain itu, upacara dimeriahkan dengan penampilan angklung dari SMP IT Insan Sejahtera, atraksi Kolaborasi tongkat, senam dan simapur dari kwartir ranting Kecamatan Cimalaka serta paduan suara dari SMP Negeri 2 Sumedang.

Selaku pembina upacara, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan yang juga  Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sumedang menyampaikan, salah satu unsur pemuda tulang pungung negara dimasa depan adalah pramuka dan para pelajar. “Maju mundurnya pembangunan bangsa sangat tergantung dari peran aktif kaum muda khususnya pramuka dan para pelajar,” katanya.

Untuk itu, kata wabup, kematangan kepribadian sikap dan perilaku yang meliputi kejujuran kedisiplinan, kepatuhan terhadap aturan dan daya juang yang tinggi sangatlah diperlukan. "Para anggota pramuka harus menjadi contoh keteladanan dalam menerapkan kedisiplinan," katanya.

Ditambahkan Wabup, kaitan dengan program pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang di bidang pariwisata. Pada 26 September yang lalu, menteri pariwisata telah mencanangkan Kabupaten Sumedang sebagai kabupaten pariwisata Indonesia.

Ia pun mengajak kepada seluruh masyarakat Sumedang khususnya seluruh anggota pramuka di Kabupaten Sumedang agar dapat menjadi menjadi Garda terdepan dalam mempromosikan wisata di Kabupaten Sumedang. [mth]

(penerbit: sumedangkab.go.id)