Reporter : A Gunawan  I  Editor : De Rustandi

MARGALAKSANA - Pemerintah Kabupaten Sumedang memberikan bantuan toren atau tangki air kepada warga korban bencana alam longsor, Rabu (23/10/2019). Korban longsor  Desa Ciherang dan Kelurahan Pasanggrahan Baru Kecamatan Sumedang Selatan kini  menempati relokasi Pasirpeti, Desa Margalaksana, Kecamatan Sumedang Utara.

Sebanyak 30 KK mendapat bantuan toren ukuran 500 liter. Bantuan diberikan oleh Wakil Bupati, Erwan Setiawan.  "Sekarang diserahkan sebanyak 30 toren dulu, nanti semuanya sebanyak 144 unit," kata Wabub, didampingi Kades Margalaksana dan Kades Ciherang.

Dikatakan, bantuan toren penampung air itu diberikan bagi rumah relokasi yang sudah ada penghuninya.  "Toren ini untuk rumah yang sudah ada penghuninya, yang belum dihuni saya pikir belum perlu, mungkin nanti kedepannya," ujarnya.

Ia berharap, toren ini bisa membantu menyelesaikan masalah kekurangan air warga. Saat ini, kata dia, warga relokasi masih kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih.  Selain toren, bantuan air bersih juga diberikan sebanyak 2 tanki. Diharapakan, warga memanfaatkan air bersih dengan sebaik-baiknya. "Untuk sementara saya intruksikan PDAM untuk mendrop air bersih untuk warga. Kedepan kita upayakan membuat sumur bor artesis," ujarnya.

Salah seorang warga, Tika (33) menuturkan, warga relokasi sudah sekitar 4 bulan kesulitan mendapatkan air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga harus mengambil ke wilayah Cihuut, yang berjarak sekitar 3 Km. "Sangat senang, terbantu dengan bantuan toren ini. Di sini memang susah air. Terima kasih kepada Pak Wabub, Pak Kuwu," katanya. [] 

(penerbit: sumedangkab.go.id)