SUMEDANGKAB.GO.ID, PEMKAB – Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan mengimbau seluruh guru madrasan dan santri atau pelajar di seluruh madrasah di Sumedang untuk mengikuti Kemah Terpadu Kemenag dengan semangat. Kemah Terpadu ke-75 akan diadakan Desember 22019 nanti.

“Kemah terpadu ini menjadi ajang terbaik untuk melatih kemandirian para santri dan pelajar madrasah termasuk para gurunya, jadi ikutilah agenda tersebut dengan semangat,” kata Erwan yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sumedang, Minggu (6/10/2019).

Menurut Erwan, Persatuan Guru Madrasai Indonesia (PMGI) termasuk pihak yang harus menyukseskan Kemah Terpadu tersebut. Untuk itu, PGMI harus berperan banyak dalam kegiatan itu. Adapun lembaga PGMI juga mempunyai peran yang sejajar dengan PGRI.

“Untuk itu, ia pun mengharapkan ke depan peran PGMI  bisa dirasakan seperti halnya keberadaan PGRI melalui  penyelenggaran berbagai kegiatan yang dirasakan masyarakat,” kata Erwan.

Erwan menambahkan, masyarakat luas harus tahu bahwa peran PGMI sama dengan PGRI. Oleh karena itu, perbanyak kegiatan yang bisa dilihat oleh masyarakat sehingga keberadaan PGMI ini bisa dirasakan oleh masyarakat.

Kegiatan tersebut penting untuk dilaksanakan  karena berimplikasi terhadap kualitas pembinaan pramuka terutama dalam meningkatkan peran dan fungsi pramuka di Kabupaten Sumedang.

"Saya tekankan kepada para peserta untuk terus memahami  peran dan fungsi pendidikan kepramukaan dan nilai positif yang dianut dalam gerakan pramuka melalui kegiatan yang kreatif inovatif maupun sosialisasi dari ranting sampai komunitas Pramuka paling bawah sehingga getaran atau gema bisa sampai ketempat terpencil sekalipun," ujar wabup.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)