KPP - Kabupaten Sumedang tidak pernah kekurangan akan potensi dan kekayaan alam. Saat ini Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kecamatan Darmaraja sedang menata puncak Golempang yang menjulang di Desa Darmaraja. Di puncak Golempang terlihat pemandangan hamparan Bendungan Jatigede. Di puncak Golempang juga bisa memandang 360 derajat melihat deretan pegunungan dan hutan sekelilingnya. Kompepar Darmaraja beraudiensi dengan Wakil Bupati H. Erwan Setiawan terkait pengembangan potensi Kawasan Gunung Golempang di Ruang Kerja Wakil Bupati KPP Kabupaten Sumedang. 

Ketua Kompepar Darmaraja Didin Wahidin menjelaskan, penemuan spot wisata tersebut berawal dari penelusuran yang berlangsung Tahun 2016 tentang keberadaan pilar Belanda di Gunung Golempang berdasarkan cerita  turun menurun warga. "Kami bersama pemuda Darmaraja mencoba menjelajah puncak Gelempang dan membersihkan lokasi pilar Belanda. Ternyata terlihat sekali keindahan pemandangan Bendungan Jatigede dari atas sana," katanya. 

Dikatakan, kawasan Gunung Golempang dapat diakses dari tiga desa yang ada di Darmaraja yaitu Desa Darmaraja, Desa Cipeuteuy dan Desa Darmajaya. "Aksesnya berada di segi tiga emas di tiga desa di Darmaraja," ujarnya.

Didin menambahkan, banyak yang sudah dipersiapkan untuk membuka pariwisata di Gunung Golempang tersebut. "Di bulan Agustus 2020 rencananya akan dibuka Wisata Situs Cagar Budaya dan Sejarah, Camping Ground, Paralayang, Fun Bike, Trail Motor, agrowisata dan saung-saung tradisional untuk para wisatawan," katanya.

Pengembangan kawasan wisata tersebut, sambung Didin, diharapkan mampu menaikkan perekonomian. "Harapannya Kabupaten Sumedang memiliki potensi yang luar biasa sehingga mampu menarik wisatawan dari luar dengan meningkatkan pariwisata dan perekonomian di Kabupaten Sumedang," katanya.

Wabup Erwan Setiawan menyambut baik Kompepar Gunung Golempang karena telah berupaya mengembangkan potensi wisata di wilayahnya yang selaras dengan program Kabupaten Sumedang yang ditetapkan sebagai Kabupaten Pariwisata. "Saya melihat banyak potensi pariwisata di Sumedang, tapi masih belum dikelola dengan baik. Saya berharap Kompepar dapat mengelola Gunung Golempang dengan memperhatikan sarana prasarana yang dapat menunjang pariwisata," ujarnya.

Mengingat letak Gunung Golempang berada di tiga desa, Wabup berharap ada MoU diantara ketiga pemerintahan desa tersebut terkait dengan pengelolaannya. "Ketiga desa harus dilibatkan. Saya minta segera buatkan DED-nya sehingga kita bisa menentukan seperti apa rencana ke depannya," kata wabup.

Hadir dalam audiensi tersebut Kepala Disparbudpora Harry Tri Santosa, Camat Darmaraja Agus Kori Hidayat, dan Kabid Pemerintahan Desa pada Dinas PMD H. Nuryadin. (rsi)

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)