Wabup Resmikan Program Serbu Desa


Baca juga : Wabup Resmikan Program Serbu Desa
Camat dan kades Harus Membuat Program yang Berdampak Turunkan Kemiskinan
Capim BAZNas Sumedang Ikuti Tes Tertulis
Kadisdik Ajak Peran Serta PAUD untuk Cegah Stunting


RANCAKALONG - Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan melaunching Program Serbu Desa,  Sehat (jasmani dan rohani), Edukatif Resik (pendidikan lingkungan bersih) dan Budidaya (pengembangan potensi usaha yang ada di masyarakat). Serbu Desa merupakan program kolaborasi antara BAZNas Kabupaten Sumedang dengan beberapa dinas.

"Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang mengucapkan terima kasih kepada BAZNas Kabupaten Sumedang, yang telah membantu program-program kami, khususnya dalam masalah pengentasan kemiskinan dan stunting di Kabupaten Sumedang," kata Wabub saat launching di Desa Nagarawangi, Rancakalong, Senin (23/12/2019).

Serbu Desa ini, kata Erwan, tidak hanya dilaksanakan di satu desa saja, melainkan seluruh wilayah Sumedang. "Mudah-mudahan manfaatnya langsung terasa oleh masyarakat. Terima kasih kepada Baznas Sumedang yang berperan aktif mengentaskan kemiskinan," katanya.

Ketua BAZNas Sumedang, H. Ali Badjri mengatakan, program Serbu Desa bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan, khususnya angka anak stunting di wilayah Sumedang. "Untuk mengurangi angka kemiskinan tidak bisa hanya oleh satu pihak saja, harus dilakukan bersama. Dengan gawe bareng ini insya Allah angka kemiskinan bisa ditekan," katanya.

Dikatakan, Desa Nagarawangi dipilih menjadi tempat launching Serbu Desa, merupakan hasil investigasi BAZNas dengan  Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Kementerian Agama.  "Dari hasil investigasi itu kami merasa perlu ada yang harus diperbaiki, terutama masalah kesehatan, masalah stunting," ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut, Baznas menyalurkan dana untuk Program Serbu Desa sebesar Rp 200 juta yang terbagi pada 5 bidang, yakni bidang kesehatan, lingkungan hidup, keagamaan, pendidikan, perindustian dan perdagangan.

Bantuan yang diberikan adalah bantuan rehab RTLH, pembuatan MCK, pembayaran premi BPJS Kesehatan, dan bantuan sarpras keagamaan.  Kemudian bantuan tempat sampah, paket lansia, laket gizi stunting, bahan pembuatan kerajian boneka, dan bantuan modal usaha peternakan. (agn)


Serbu Desa, Kemiskinan, BAZNas, Stunting

Berita Terkait