SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Bukan hanya sekali atau dua kali Wakil Bupati Sumedang Erwan Sumedang meneguk kopi ketika hadir dalam Pembukaan Festival Kopi Sumedang. Wabup meneguknya berkali-kali, hingga puluhan kali banyaknya. Ia mengatakan sangat suka sekali dengan minum kopi apalagi dalam kunjungan festival kopi seperti ini, ketika aroma kopi sangat menggoda begitu masuk area festival lalu dilanjutkan dengan meneguk puluhan cup kecil kopi hitam berbagai jenis.

“Wah saya sangat suka sekali kopi, barusan berapa teguk juga saya minum kopi, nggak kehitung, sampai kembung, tapi puas saya dan juga bahagia sekali,” kata Erwan usai meninjau seluruh stand kopi dalam Festival Kopi Sumedang, Senin (7/10/2019), di Wisma Gending Sumedan.

Erwan menuturkan, ia sudah mengenal kopi Sumedang sejak lama bahkan sebelum menjadi wakil bupati. Ketika kebetulan sedang berada di Tanjungsari, salah satu rumah tinggalnya, wabup pasti menyeduh kopi dari Rancakalong atau Sukasari.

Namun, ia mengungkapkan hanya sebagai penikmat kopi saja, belum sampai pemerhati atau ahli kopi. Itulah sebabnya, ia belum bisa mengidentifikasi beberapa jenis kopi jika tidak diberi tahu asal kopi tersebut. Tapi yang pasti, kopi Jawa barat itu memang beda dengan kopi dari luar negeri yang biasa disajikan di café-café mahal di kott besar.*** (vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)