WADO - Camat Wado Taufik Hidayat meminta para kepala desa di wilayah Wado berinovasi guna meningkatkan kepariwisataan di wilayah desa.

Menurutnya, sejumlah wilayah di Kecamatan Wado memiliki potensi wisata alam yang bagus jika dikembangkan. "Wilayah Wado banyak alam yang masih asri dan alami, jika dikembangkan akan menciptakan tempat wisata yang potensial. Ada banyak curug, atau wisata alam lainnya," kata Camat Taufik, Senin (3/2/2020).

Camat menggambarkan, Pemerintah Desa Sukajadi yang berinovasi dengan 'menyulap' perkebunan teh menjadi tempat wisata alam Disbun Sukajadi. Menurut camat, unsur Muspika Wado menjadikan Disbun Sukajadi menjadi percontohan bagi desa-desa lainnya. "Langkah menggenjot pariwisata ini sejalan dengan visi bupati dan wakil bupati, yang ingin menggalakan pariwisata," katanya.

Apalagi, kata Taufik, wilayah Wado berdekatan dengan area Bendungan Jatigede. Sehingga bisa menjadi pilihan wisatawan yang berkunjung ke wilayah Jatigede. "Untuk pariwisata bisa memanfaatkan Dana Desa, atau Bankeudes. Atau dari luar anggaran desa seperti bantuan dari APBD Provinsi," katanya.

Dalam menciptakan dan pengelolaan tempat wisata, kata camat, pemerintah desa bisa melibatkan unsur masyarakat dan para pemuda. Dengan demikian bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.

Sejumlah tempat yang punya potensi di Wado diantaranya Curug Gandoang di Desa Mulyajaya, Curug Jatma (Desa Cilengkrang), Pesona Cakra (Desa Sukajadi), Warung Salam (Desa Cimungkal), dan Curug Cilandak (Desa Cikareo Selatan). "Mudahan-mudahan bisa terealisasi visi Pak Bupati untuk satu desa satu objek wisata," ujarnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)