SUMEDANGKAB.GOP.ID, CIMALAKA- Wakapolres Cimalaka Kompol Erwin mengingatkan seluruh masyarakat untuk merawat semua pohon yang telah ditanam pada kegiatan Peduli Tampomas, di Cipadayungan, Desa Padasari, Kecamatan Cimalaka, Rabu (8/1/2020).

“Seluruh unsur pemerintah dan masyarakat harus menjaga lingkungannya agar tetap aman dan nyaman, mengingat cuaca tahun ini terbilang ekstrim,”kata Erwin.

Menurut Kompol Erwin, intruksinya menjaga pohonini erat kaitannya dengan menjaga lingkungan di Sumedang. Saat ini, Sumedang sedang dalam kondisi siaga bencana. Sementara, dalam pengelolaan bencana, terdapat tiga tahapan bencana yang perlu disiapkan semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakatnya. Yaitu, siaga bencana, kejadian dan paska kejadian yang kesemuanya perlu didukung dan dipahami semua pihak.

Tahap siaga bencana merupakan kegiatan pencegahan bencana, seperti menanam pohon, membersihkan lingkungan dan memperbaiki saluran air agar tidak terjadi penyumbatan.

"Semua elemen perlu bergotong royong membersihkan lingkungan, menjaga lingkungan. Menanam pohon salah satu cara agar lingkungan tetap terjaga," katanya.

Tahap kejadian dan paska kejadian pemerintah perlu ada bersama masyarakat membangun dan memberikan arahan terhadap masyarakat untuk melanjutkan hidupnya setelah kejadian. Tidak hanya menanam pohon, kompol Erwin juga mewanti wanti agar setiap tanaman harus tetap terpenuhi kebutuhan airnya di musim kemarau.

"Musim kemarau setiap tanaman yang hari ini kita tanam harus tetap hidup, harus tetap dijaga," tambahnya.***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)