GAJAH AGUNG - Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan, mengikuti peringatan hari pendidikan Nasional, tahun 2022, tingkat Kab. Sumedang, Rabu, (19/05/2022). Di Lapangan IPP Kab. Sumedang.

Peringatan hardiknas tingkat kab. Sumedang tahun ini mengangkat tema " pimpin pemulihan bergerak untuk merdeka belajar"

Wabup menjelaskan Tantangan selama dua tahun dalam menghadapi pandemi merupakan sesuatu yang tidak pernah terbayangkan. Banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama.

"Hari ini adalah bukti, bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan. Lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba, tidak hanya mampu melewati tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan," ujarnya

Pada pandemi pola pendidikan berubah total, yang awalnya tatap muka (offline) secara biasa, hingga akhirnya harus belajar secara jarak jauh (online).

" Alhamdulillah kini sedikit demi sedikit, semua sudah kembali normal, sudah banyak yang bisa tatap muka langsung." Ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan wabup, bahwa ada kapal besar yang harus terus berlayar yaitu bernama Merdeka Belajar. Dimana ini adalah upaya untuk membantu guru dan murid di masa pandemi. 

"Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi. Terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran, kini kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia," jelasnya.

Wabup berharap di peringatan hari pendidikan nasional ini kita dapat lebih mengingat jasa para pendidik, karena para pendidik merupakan orang yang memberikan ilmu dan pengetahuan bagi murid secara konsisten serta berkesinambungan.

" Saya berharap para pendidik di indonesia umumnya dan khususnya di Kab. Sumedang ini dapat lebih diperhartikan, kesejahteraannya merupakan hal yang sangat penting, dikarenakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam proses belajar mengajar dengan kesejahteraan yang memadai sangat diharapkan oleh banyak guru. Mereka mengajar tanpa membedakan status semua siswa dididik, dibina sehingga menjadi siswa yang cerdas, berkualitas, dan bertanggung jawab." Pungkasnya. (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)