Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

SUKASARI - Walikota Eunpyeong-Gu Korea Selatan, Kim Me-Kyung, mengungkapkan kekagumannya saat melihat langsung proses pengolahan kopi di Desa Genteng, Kecamatan Sukasari.

Melalui penerjemah bahasa, Kim Me-Kyung merasa terkesan dengan cara komunitas kopi memadukan tradisi lokal dengan teknologi modern dalam menghasilkan kopi berkualitas tinggi.

Selama kunjungannya itu Kim Me-Kyung melihat secara langsung tahapan pengolahan kopi, mulai dari proses fermentasi alami, hingga pengeringan biji kopi secara tradisional di bawah sinar matahari. Ia bahkan berinteraksi langsung dengan para petani lokal dan turut mencoba mengolah biji kopi.

"Kopi yang dihasilkan disini memiliki cita rasa yang luar biasa dan kualitasnya tidak kalah dengan kopi dari negara-negara besar penghasil kopi dunia," katanya.

Sementara itu, Pengawas Koperasi Kopi Sukamenak Cipta Kopi, Yudi Purwana menyambut baik kunjungan Walikota Eunpyeong-Gu. Ia berharap, kunjungan ini dapat membuka peluang ekspor kopi dari Desa Genteng ke Korea Selatan. 

"Kami sangat berterima kasih atas kehadiran Walikota Eunpyeong-Gu beserta rombongan. Kehadiran mereka memberikan harapan besar bagi kami, khususnya dalam pengembangan kopi lokal," ujar Yudi yang juga pemilik Brand Kopi Karuhun.

Rombongan juga berkesempatan untuk mencicipi berbagai olahan kopi lokal yang dihasilkan oleh koperasi.

"Setelah mencicipi, mereka menyatakan bahwa kualitas kopi tersebut cocok dengan selera mereka, membuka peluang besar bagi kerja sama di bidang perdagangan kopi," ujar Yudi.

Oleh karena itu Yudi pun optimis bahwa dengan dukungan Pemerintah Daerah Sumedang dan kemitraan yang terjalin dengan Eunpyeong-Gu, ekspor kopi dari Desa Genteng ke Korea Selatan bisa segera terealisasi.

"Kami berharap kunjungan ini bukan hanya sampai di sini saja, tapi juga harus saling menguntungkan, dalam hal ini ekspor kopi dari Desa Genteng ke Korea Selatan bisa segera terealisasi," imbuhnya.

Kunjungan tersebut merupakan balasan atas lawatan jajaran Pemkab Sumedang ke Korea Selatan beberapa waktu lalu, yang bertujuan untuk menjajaki potensi kerja sama di berbagai sektor antara kedua wilayah.(*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)