Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi 

CIHERANG - Warga Dusun Ciawilarangan, Desa Ciherang,  Kecamatan Sumedang Selatan berbahagia lantaran mendapatkan bantuan sumur bor dari Polda Jabar. Bantuan sumur bos sebagai sumber air bersih diberikan untuk memperingati HUT ke-78 Bhayangkara. Serah Terima penggunaan sumur bor dilakukan dari Kapolres Sumedang AKBP Joko Dwi Harsono kepada Kepala Desa Ciherang Nana Suwarsana, Selasa 25 Juni 2024.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kadis PUTR Sumedang, Nasam, serta Camat Sumedang Selatan Marlina. "Sejak dulu kalau musim kemarau warga Ciawilarangan kesulitan air bersih, sumur pada kering, kalau yang tidak langganan PDAM harus ngulur pipa ke daerah Randakasih Cibawang (Rancakalong) sejauh 12 kilometer," kata Kades Nana.

Dusun Ciawilarangan sendiri merupakan wilayah yang mengalami kesulitan air. Di lokasi ini air hanya didapatkan pada dua hari sekali. Sehingga, kebutuhan air begitu sangat diinginkan oleh warga.Namun, saat ini masalah yang didapat dari warga Dusun Ciawilarangan sudah berakhir usai mendapatkan bantuan dengan dibuatkankannya sumur bor yang membuat air tidak susah lagi dicari. Sumur bor tersebut merupakan bantuan dari pihak kepolisian Polres Sumedang. "Allhamdulilah berkat kerjasama dengan PUTR dan Polres Sumedang dapat menerima bantuan sumur bor. Dengan musim kemarau kami jadi tidak khawatir karena pengeboran ini sangat dalam Insyaallah air tetap tersedia," kata Nana.

Kepala Dinas PUTR Sumedang, Nasam mengapresiasi kegiatan sosial HUT Bhayangkara. Nasam meyakini baik semua unsur pemerintah baik tingkat desa, kecamatan, serta jajaran TNI Polri memiliki tujuan yang sama yakni bermanfaat bagi masyarakat. "Bantuan bagi masyarakat ini barangkali hanya secuil dibandingkan kebutuhan masyarakat. Ini jadi bagian dari PR kami bersama, harus jadi bagian dari solusi untuk mensejahterakan masyarakat," kata Nasam.

Kapolres Sumedang AKBP Joko Dwi Harsono mengungkapkan, bantuan kali ini merupakan salah satu rangkaian dalam menyambut Hari Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli mendatang. "Sebelumnya kami mendapatkan laporan bahwa masyarakat di sini kalau ngambil air bersih ngambil di wilayah lain yang jaraknya 12 kilometer," ungkap Joko.

Dikatakan Joko, dengan hadirnya sumur bor ini bisa bermanfaat bagi 600 Kepala Keluarga yang berada di Dusun Ciawilarangan. Sehingga, mereka kini tak perlu mengambil air bersih di wilayah lain. Selain di lokasi ini, lanjut Joko, sumur bor pun juga dibuatkan di beberapa wilayah di Kabupaten Sumedang. "Selain di sini, ada di Kecamatan Sumedang Utara, Kecamatan Ujung Jaya, terus ada di wilayah Kecamatan Tanjung Kerta," kata dia.

Bukan hanya itu saja, pada kesempatan kali ini juga pihaknya memberikan bantuan lainnya berupa rutilahu, pembagian sembako, serta membagikan kursi roda bagi masyarakat difabel. "Di Sumedang ada perbaikan rumah rutilahu, kemudian pembagian air bersih berupa sumur bor, kemudian ada paket sembako, kemudian pembagian kursi roda bagi masyarakat difabel," ujarnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)