SUMEDANGKAB.GO.ID, CIMALAKA - 
Kepala UPTD Puskesmas Rawat Inap Cimalaka Hj. Ratna Wulan, memberikan pemahaman mengenai pentingnya memenuhi gizi pada 1000 hari pertama kehidupan. Namun, apa itu 1000 hari pertama kehidupan. Berikut penjelasannya.
Menurut Ratna, 1000 hari pertama kehidupan dihitung sejak hari pertama konsepsi hingga anak berusia 2 tahun. 
Jadi 1000 hari pertama meliputi sejak pertama kali mendapatkan kehamilan positif, lalu bayi itu lahir dan berusia 2 tahun.
"1000 hari pertama kehidupan itulah yang harus diperhatikan dan diprioritaskan oleh semua orang, tidak hanya oleh ibunya saja," kata Ratna, Sabtu (4/12/2019).
Oleh karenanya, menurut Ratna, kecukupan gizi selama hamil hingga tahun-tahun pertama kehidupan anak berperan dalam membentuk fungsi otak hingga membantu memperkuat sistem imun.
Ratna yang juga seorang bidan menyampaikan bahwa pemenuhan gizi yang baik akan membuat kemampuan tumbuh kembang anak menjadi lebih baik.
"Pemenuhan gizi yang baik selama 1000 hari pertama kehidupan akan membuat kemampuan anak untuk tumbuh dan belajar menjadi lebih baik," katanya.
Kecukupan gizi selama hamil hingga tahun-tahun pertama kehidupan  anak sangat berperan dalam membentuk fungsi otak yang pada akhirnya akan memperkuat sistem imun.***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)