JATINUNGGAL -  Warga Cidarma, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Jatinunggal bergotong royong membersihkan lumpur di sumber mata air Palasari.  Sebelumnya, sumber mata air Palasari tersebut sempat tertimbun longsoran tanah berasal dari tebing yang ada di sekitar sumber mata air.  "Sumber mata air ini merupakan satu-satunya mata air yang memenuhi kebutuhan air untuk warga Cidarma. Sempat terganggu karena ada longsoran. Makanya kami berusaha menguras lumpur dari sumber mata air ini," kata tokoh  masyarakat Cidarma, Atang, Selasa (26/5/2020).

Atang mengatakan, selain tertimbung longsoran, seperti biasa menjelang musim kemarau, sumber mata air biasanya rutin dikuras. Agar kondisi air selalu ada.  "Biasanya dikeruk biar airnya terus keluar dan bisa mengalir ke wilayah kami," katanya.

Atang menambahkan, menjaga sumber mata air merupakan keharusan bagi warga Cidarma. Apalagi jika menghadapi musim kemarau. Karena pada musim kemarau terkadang debit air di sumber mata air menurun. Sehingga pasokan air untuk kebutuhan warga terhambat. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)