CIKONENG - Warga Dusun Babakanloa, Desa Cikoneng, Kecamatan Ganeas bersama aparat desa, anggot TNI, dan polisi bergotong royong menyingkirkan material longsor di dua rumah warga yang terkena longsor.

Sebelumnya dua rumah milik warga rusak berat akibat longsor yang terjadi di Dusun Babakanloa RT 02 RW 06, Minggu (29/11/2020) sore. Dua rumah tersebut milik Cecen Priatna (49) dan Hermawati (31). "Longsor terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Akibat peristiwa itu bagian dapur rumahnya mengalami rusak parah karena ambruk," kata Kepala Desa Cikoneng, Nono.

Pascalongsor warga bergotong royong membersihkan rumah korban dari material longsor berupa tanah dan serpihan bangunan yang rusak. "Alhamdulillah warga masih kompak dan mau membantu, kami membersihkan rumah dari material longsor menggunakan alat sederhana," katanya.

Atas kejadian ini kades mengimbau warga agar tetap waspada bencana, mengingat curah hujan sedang tinggi. Sementara itu, pemilik rumah, Cecen mengatakan, longsor terjadi saat cuaca sedang hujan. "Saya sama keluarga sedang nonton TV, awalnya ada butiran pasir jatuh, lalu sepuluh menit kemudian terdengar suara gemuruh di belakang rumah," kata Cecen.

Saat dicek, kata Cecen, ternyata dapur rumahnya sudah ambruk, dan materialnya menimpa bagian dapur dan kamar mandi rumah Hermawati yang berada di bawah rumah Cecen hingga jebol. Kata Cecen, dapurnya sedang dalam proses pelebaran. "Sejak jam setengah 1 memang sudah turun hujan," ujarnya.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Rumah Cecen dihuni oleh empat orang, sedangkan rumah Hermawati dihuni tiga orang. Namun demi keselamatan jiwa, kedua keluarga tersebut memilih mengungsi sementara. Kerugian pun ditaksir hingga puluhan juta rupiah. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)