KOTA - Warga RT 01 RW 04, Dusun Cilayung Desa Margalaksana, Kecamatan Sumedang Selatan dikejutkan dengan bau busuk menyengat di wilayah mereka. Sumber bau tesebut ternyata berasal dari bunga bangkai, yang tumbuh di halaman belakang salah satu rumah warga bernama Acih (50).

"Saya juga tidak tahu awal tumbuhnya, baru tahu pas sudah besar seperti ini. Baunya sih sudah tercium seminggu lalu," kata Acih, Selasa (3/12/2019).

Bunga raksasa tersebut sudah tumbuh setinggi 90 Cm. Bunga langka tersebut tumbuh di halaman belakang rumah Acih diantara sampah.

Warga lainnya, Andang (42) menuturkan, awalnya warga mengira bau busuk menyengat berasal dari bangkai binatang. Namun ada juga yang mengira bau berasal dari kotoran ternak. "Awalnya warga mengira dari kotoran burung puyuh dari ternak saya, tapi pas saya cek baunya beda. Ada juga yang bilang dari bangkai hewan," ujarnya.

Bau busuk dari bunga bangkai tersebut, menurut warga, tercium warga satu RT, atau radius 50 meter. Saking baunya, bunga bangkai tersebut dikerubungi lalat. "Seperti bau kotoran, ada juga yang bilang baunya kaya terasi busuk," katanya.

Hingga kini bunga bangkai masih tumbuh dan dibiarkan oleh warga. Meski bau dan mengganggu, warga tidak mencabut bunga tersebut karena menurut warga bunga tersebut termasuk bunga langka. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)