JATINUNGGAL - Meski intensitas hujan masih sering turun, wilayah Desa Cimanintin, Kecamatan Jatinunggal kini bebas bencana. Sebelumnya awal musim hujan di sejumlah titik wilayah Cimanintin dilanda bencana longsor. "Alhamdulillah sudah tidak ada longsor, tidak ada bencana lainnya. Kami sempat khawatir pada musim hujan ini karena wilayah kami memang rentan bencana," ujar Ketua BPD Cimanintin, Sunandar, Minggu (29/3/2020).

Sunandar menyebutkan, masyarakat Desa Cimanintin meningkatkan waspada bencana dengan bersama-sama memperbaiki saluran air di sejumlah sungai dan irigasi. Kemudian melalukan penambalan TPT di titik rawan longsor.  "Sejak musim hujan dan ada bencana kami melaksanakan jaga malam bergantian. Tujuannya memantau kondisi wilayah saat malam hari," katanya.

Ia mencontohkan, hujan deras beberapa bulan lalu mengakibatkan longsornya jalan penghubung antar dusun di Cimanintin. Akibatnya pengendara yang melintas di jalan tersebut terhambat.

Longsoran terjadi di blok lahan kehutanan tak jauh dari Jembatan Cilutung. Jalan ini juga selain jalan antar dusun juga biasa dipake akses ke wilayah Majalengka.  "Pernah juga pohon tumbang di beberapa titik. Tapi dengan gotong royong warga semuanya cepat teratasi," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)