Warga Desa Pakualam Sambut Gembira Penataan Cisema


Baca juga : Pemkab Sumedang MoU dengan NHI Bandung Bangun Ekosistem Parawisata
Wabub Ajak Anak Sekolah Tanam Pohon
Cisema Terus Melejit Berkat Kampung Buricak Burinong


DARMARAJA -  Warga Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja menyambut gembira perihal rencana pengembangan wisata di wilayah Cisema. Warga meyakini adanya pengembangan infrastruktur wisata di Cisema akan meningkatkan roda ekonomi warga setempat pada khususunya dan masyarakat Darmaraja pada umumnya.  "Kami menyambut baik akan dilaksanakannya pembangunan sarana prasarana wisata di di Cisema. Mudah-mudahan jadi pendongkrak taraf hidup kami sebagai warga eks genangan Jatigede," ujar Sekdes Pakualam, Ujang Kushanda, Kamis (30/7/2020).

Menurut Ujang, kondisi alam di Cisema memang sangat potensial untuk dikembangkan. Diantaranya ada kawasan buricak burinong, pusat warung kuliner, bukit yang bisa menjadi take off paralayang, hutan desa dan pesisir bendungan. "Dengan turunnya anggaran untuk pengembangan wisata, kami warga menunggu realisasinya. Semoga berjalan lancar dan terwujud destinasi wisata yang bisa menjadi kebanggaan Sumedang dan tentunya bisa mengangkat ekonomi warga kami," tuturnya.

Untuk mendukung terwujudnya desa wisata, pihak pemerintah desa telah melakukan sejumlah langkah. Antara lain menyiapkan SDM yang bisa bergerak di bidang wisata, pelatihan-pelatihan UMKM dan pemandu wisata serta pemeliharaan insfratsruktur. "Dimana nanti setelah terwujud kami dan masyarakat bisa berdaya sebagai ujung tombak dalam tata kelola tempat wisata dan pendukung UMKM wisata," katanya. (nsa)


Wisata, Cisema, Buricak Burinong

Berita Terkait