Warga Gembira, Cicau-Karedok Diaspal


Baca juga : Usai Subuh Berjamaah, Bupati Tinjau Pembangunan Jalan di Ujungjaya


Laporan Reporter : Agunawan

CISITU - Warga Desa Karedok, Kecamatan Jatigede dan warga Desa Pajagan, Kecamatan Cisitu bersyukur ruas jalan kabupaten, akses penghubung Desa Karedok-Pajagan diperbaiki. Sebelumnya ruas jalan tersebut, tepatnya di blok Pamiyang Lega, Desa Karedok dengan Dusun Cicau, Desa Pajagan kondisinya rusak berat. "Dulu mau ke Cicau saja bisa sampai 1 jam perjalanan pakai motor, sekarang 10 menit juga sampai," kata Aang (49), warga Desa Karedok, Minggu (20/10/2019).

Jalan yang diperbaiki dari Cicau hingga Pamiyang Lega merupakan akses utama warga Karedok menuju wilayah Sumedang kota melewati Cisitu. "Kalau lewat Cipining medannya sangat berat dan memutar, jadi ini akses paling banyak dipilih warga kalau mau ke Sumedang kota," katanya.

Salah seorang warga Pajagan, Suahdi (52) menuturkan, sebelum perbaikan jalan, kendaraan roda 4 hanya bisa sampai blok Cicau saja. Kini, mobil bisa masuk hingga perbatasan desa. "Dulu mobil hanya sampai Cicau saja, karena jalannya memang rusak parah, selain rusak juga sempit karena tidak ada perawatan," katanaya.

Sejak dibuka jalan sekitar tahun 1995 melalui Progran Abri Masuk Desa (AMD) kini Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), jalan tersebut belum pernah tersentuh perbaikan. "Sekarang hampir semuanya hotmix, hanya 100 meter saja yang rigit beton," ujarnya.

Menurut warga, dampak dari perbaikan jalan tersebut langsung dirasakan masyarakat. Digambarkan, hasil kebun seperti bambu dan hasil bumi kini harganya cukup melonjak. Dengan perbaikan tersebut, selain memudahkan akses warga dua desa, juga diharapkan bisa meningkatkan perekonomian warga 
. "Sekarang harga palawija, bambu juga naik, karena sekarang mobil bisa masuk," katanya. []


Sumedang Simpati

Berita Terkait