DARMARAJA - Kelompok Tani Mekar Jaya Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja memanfaatkan lahan surut di areal pesisir Waduk Jatigede untuk menanam komoditas jagung.  "Kami bersama para petani memanfaatkan lahan pesisir seluas tiga hektare dengan ditanamin jagung. Alhamdulillah perkembangan tanamanya sangat bagus," ujar Ketua Kelompok Tani Mekarjaya, Suharyana, Jumat (3/1/2020).

Menurutnya, jagung yang ditanam sudah beranjak sebulan. Meski baru sebulan ditanam memperlihatkan perkembangan yang baik dan dipastikan bisa dipanen dengan cepat. "Kami tidak mengganggu lahan perairan bendungan. Karena kami hanya memanfaatkan areal yang belum tergenang. Ini juga dilakukan tiap tahun," katanya.

Dari tanaman jagung seluas tiga hektare dimungkinkan akan menghasilkan puluhan ton jagung. Dari hasil ini bisa menambah pendapatan puluhan petani. Karena selain menjual buah jagung, petani juga menjual pohon jagungnya. "Lumayan kan buat pendapatan sampingan. Kalau kita kreatif pasti bisa," ujar petani lainnya, Kosasih. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)