KOTA - Warga Dusun Haurlawang, Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan melakukan pelebaran Masjid Darussalam di RW 06. Pengerjaan ini dilakukan secara swadaya oleh warga. "Alhamdulillah sekarang sedang proses pengecoran masjid dan pelebaran pondasinya," kata Kepala Desa Sukajaya, Nenden Dewi Raspati, Jumat (3/1/2019).

Dikatakannya, dana pembangunan murni swadaya warga. Selainbitu, pengerjaan masjid dilakukan secara bergotong royong oleh warga, sejak Kamis (2/1/2019) malam.

Menurutnya, warga sangat antusias melakukan pengerjaan tersebut.  "Sebab warga juga sangat ingin punya masjid yang lebih baik lagi, jadi sangat antusias. Nanti masjidnya jadi dua lantai," katanya.

Ia mengatakan, tradisi gotong royong masih terlihat kental dalam pengerjaan masjid.  "Ini juga bisa menjaga tradisi gotong royong, yang prianya membangun masjid, sementara ibu-ibunya membantu memasak dan menyiapkan makanan," katanya.

Nenden mengatakan, sarana keagamaan seperti masjid sangat diperlukan warga untuk melakukan kegiatan keagamaan, sperti pengajian, dan solat berjamaah. Pembangunan, kata dia, tidak selesai sampai disini, namun dilakukan secara bertahap. "Mudah-mudahan dengan bangunan yang lebih bagus dan lebih luas, membuat warga lebih termotivasi datang ke masjid untuk beribadah," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)