Warga Sumedang yang Merantau ke Wamena Pulang


Baca juga : Bupati Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila


SUMEDANGKAB.GO.ID, GEDUNG NEGARA - Kebahagiaan dirasakan para perantau asal Sumedang yang dipulangkan dari Wamena, Papua. Sebanyak delapan warga Sumedang termasuk satu diantaranya balita tiba di Sumedang dan  kedatangan mereka langsung disambut Wakil Bupati Erwan Setiawan beserta jajaran di Ruang Tengah Gedung Negara, Rabu (9/10/2019) malam.

Mereka memilih pulang menyusul adanya konflik yang terjadi di Wamena, Papua. Delapan perantau yang dipulangkan, mereka berasal dari 3 kecamatan yakni, Sumedang Selatan, Cimanggung dan Wado. Di Wamena mereka bekerja sebagai buruh bangunan dan laundry.

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan merasa bersyukur warganya bisa kembali pulang ke Sumedang dengan Selamat. "Pemerintah Kabupaten Sumedang akan berupaya melakukan pendampingan dan memantau perkembangan warganya terutama perkembangan psikis melalui trauma healing agar tidak menimbulkan trauma berkepanjangan," katanya.

Wabup mengatakan jika mereka kembali lagi ke Wamena untuk mencari nafkah. "Kalau ingin kembali bekerja lagi ke Wamena, pastikan agar kondisi di Wamena benar benar ada dalam keadaan aman dan kondusif," katanya. [mth]

 


sumedang

Berita Terkait