CISITU - Warga Desa Sundamekar, Kecamatan Cisitu bergotong royong membangun akses jalan baru berupa gang menuju sarana pendidikan di Dusun Campaka Kaler. Pembangunan tersebut dilakukan sebanyak dua titik gang menuju sekolah SD. "Kami membuka gang baru ini selain sebagai akses pendidikan juga untuk kemudahan mobiltas warga," ujar Pjs Kades Sundamekar, Eman, Rabu (5/8/2020).

Sebelum dibangunkan akses gang, aktivitas warga kurang begitu nyaman. Jika hujan kerap becek dan licin. "Pada dasarnya setelah dibangun dua gang ini akan memudahkan akses ke sekolah. Selama ini para siswa harus memutar jalan jika mau ke sekolah," katanya.

Dikatakan, titik pertama dibangun jalan gang sepanjang 107,8 meter dengan lebar 1 meter dan gang ke dua dibangun sepanjang 92,2 meter dengan lebar 80 cm. "Semuanya ada empat kegiatan di dua titik tersebut, termasuk pembuatan tembok penahan tanah (TPT) dan drainase," katanya.

Antusiasme warga dalam pengerjaan pembangunan gang sangat tinggi, hal itu membuktikan bahwa warga sangat menginginkan adanya akses jalan gang untuk kemudahan mobilitas. "Pemdes menganggarkan untuk pembangunan tersebut dari anggaran dana desa (DD)," kata Eman.(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)