TOMO - Pemerintah Desa Tolengas, Kecamatan Tomo menggelar pelatihan budidaya ikan nila. Kegiatan yang diselenggarakan di balai Desa Tolengas tersebut digelar selama dua hari Senin - Selasa (31/8/- 1/9/2020).

Kepala Desa Tolengas Cucu Nurkarya mengatakan kegiatan pelatihan ini dilaksanakan untuk memajukan bidang perikanan di Desa Tolengas Kecamatan Tomo khususnya dan Kabupaten Sumedang pada umumnya. Para peserta pelatihan adalah kelompok tani ikan di Desa Tolengas dan warga OTD Bendungan Jatigede di sekitar wilayah Bendungan Jatigede yang telah terdaftar di Dinas Peternakan dam Perikanan Kabupaten Sumedang.  "Program ini merupakan usulan Pemdes Tolengas kepada anggota Komisi 4 DPR RI Drs H Sutrisno yang bekerjasama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan," kata Cucu Selasa (1/9/2020).

Program ini dilaksanakan untuk mengembangkan dan memajukan dunia perikanan dan hasil pengelolaannya di Kabupaten Sumedang.  Untuk pengembangam perikanan di kawasan Jatigede konsep yang ditawarkan H Sutrisno bukanlah jaring apung.  Namun, para OTD diberikan untuk penanaman benih ikan di waduk Jatigede. Kemudian mereka diberikan peralatan untuk melakukan penangkapan ikan seperti perahu, jaring dan lainnya.

Sementara itu lanjut Cucu, untuk di Desa Tolengas sendiri budidaya ikan air tawar sangatlah menjanjikan. "Seperti diketahui, Desa Tolengas mempunyai wilayah Situsari berupa bendungan kecil yang dapat dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar," katanya.

Meski airnya pasang surut, kata Cucu, Situsari dapat dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar yang dapat dikelola oleh kelompok tani ikan disamping dapat dikelola sebagai tempat wisata. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)