Waspada Bencana Saat Musim Hujan


Baca juga : Waspada Bencana Saat Musim Hujan


SITURAJA -  Pemerintah Kecamatan Situraja menginstruksikan kepada pemerintah desa agar waspada bencana saat memasuki musim penghujan. "Kami sudah menghimbau baik secara tertulis maupun secara lisan saat rapat minggon, agar para kepala desa hingga ketua RT bisa tanggap bencana," ujar Camat Situraja, Sutisna, Senin (2/12/2019).

Ia mengambarkan ada sejumlah wilayah desa di Kecamatan Situraja  yang rentan bencana, seperti Desa Pamulihan, Kaduwulung, Bangbayang dan Cicarimanah. Wilayah desa tersebut  berpotensi bencana longsor. "Wilayah  paling rawan di Desa Bangbayang termasuk akses jalan ke Bangbayang juga pernah longsor parah," katanya.

Sutisna mengatakan, ajakan kepada pemerintah desa, agar pemdes  memetakan potensi bencana di wilayahnya, memberikan saran kepada masyarakat agar memperlancar saluran air dan melakukan piket malam secara bergantian agar wilayahnya bisa terkontrol di malam hari terutama saat hujan turun.

"Saya himbau juga untuk warga yang rumahnya di areal tebing agar waspada. Kemudian warga mau bekerjasama membantu kelancaran saluran air, seperti drainase, maupun selokan bahkan sungai," katanya lagi.

Ia juga menambahkan, pihaknya menggandeng komunitas radio antar penduduk yang tersebar di sejumlah desa untuk memaksimalkan koordinasi dan informasi terkait kebencanaan. Sehingga ketika ada timbul bencana bisa langsung ditangani dengan cepat. "Kami juga maksimalkan Linmas dan elemen lainnya termasuk nantinya salyran informasi ke BPBD," katanya.

Ia berharap, masyarakat bisa disiplin dan respek terhadap waspada bencana. Agar pada musim penghujan ini tak ada bencana yang mengancam. (nsa)


Waspada Longsor, Situraja

Berita Terkait