Waspadai Longsor Saat Musim Hujan


Baca juga : Waspada Bencana Saat Musim Hujan
Angin Puting Beliung Kagetkan Warga Cimanintin


WADO - Kepala Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, Dede Suhendar menghimbau kepada pemilik lahan sawah di Dusun Cilangkap tidak menggarap sawahnya yang terancam longsor.  Sebelumnya, pada pekan lalu, sekitar satu hektar lahan sawah Dusun Cilangkap mengalami longsor akibat hujan deras.

"Setiap hujan longsornya semakin meluas, retakan tanahnya juga semakin panjang. Jadi saya menghimbau kepada petani jangan dulu menggarap sawahnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya, Rabu (25/12/2019).

Ia juga menghimbau agar warga sekitar lebih waspada setiap turun hujan.  "Areal yang kena longsor hanya berjarak kurang dari 100 meter dari pemukiman warga. Yang kita kawatirkan retakan semakin dekat ke pemukiman warga," katanya.

Menurutnya, ia bersama warganya dan warga Desa Cilengkrang, TNI, Polri, Satpol PP, dan BPBD sudah membersihkan material longsor yang menutupi Sungai Cikareo. "Kemarin sungainya sempat terbendung material longsor, bahkan sempat meluap. Sekarang sudah kita bersihkan, sebab air sungai juga diperlukan warga dibawah," katanya. (agn)


Longsor, Bencana

Berita Terkait