SUMEDANGKAB.GO.ID, DARMARAJA – Wisata minat khusus masih digemari pengunjung dari berbagai kota. Salah satu lokasi wisata jenis minat khusus adalah wisata ziarah yang ada di Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja.

"Di wilayah kami ada situs makam keramat leluhur Sumedang yaitu makam Prabu Lembu Agung dari dulu memang sering dikunjungi peziarah dari berbagai daerah. Dengan banyaknya kunjungan peziarah memang berkah bagi kami," kata Irwan, pengelola makam keramat, Sabtu (26/9/2020).

Menurut Irwan, biasanya peziarah yang datang membutuhkan logistik seperti makanan, minuman bahkan cendra mata. Dengan demikian, hal tersebut menguntungkan pedagang lokalan di wilayah situs.

"Peziarah juga kadang memberikan uang ke pengelola untuk pemeliharaan lingkungan situs,” katanya.

Iwan mengakui saat ini peziarah banyak yang datang terutama diakhir pekan. Mereka berkunjung sekedar berdoa bareng atau biasanya ingin tahu kondisi dan sejarah dari situs-situs yang ada di wilayah makam keramat. Keuntungan lainnya, kata Irwan, situs makam keramat kerap dijadikan tempat acara budaya tradisional dari para seniman dan budayawan, sehingga membawa dampak pada teekenalnya situs dan tempat situs berada.

"Jadi wilayah kami terkenal kemana-mana karena selalu ada event yang biasanya selalu mendatangkan orang dari luar daerah," katanya.

Dari berbagai kegiatan itu, kata Irwan, yang bisa dirasakan warga adalah bisa membuka peluang usaha dagang meski dalam skala kecil.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)