CIPAMEUNGPEUK- Yaya Saepuloh (38) warga RT 04 RW 05, Kelurahan Cipameungpeuk, Kecamatan Sumedang Selatan mampu membuat replika senjata dari bahan kayu dan bambu. Hasil karya Yaya ini bisa digunakan untuk menembak dengan peluru menggunakan karet gelang.

Yaya mengatakan, kemampuan membu at senjata dari bahan kayu tersebut diperolehnya secara otodiak sejak setahun lalu. "Awalnya lihat-lihat di internet saja, sambil ngisi waktu luang coba-coba bikin senjata mainan," kata Yaya, saat ditemui kediamannya, Senin (5/10/2020).

Sepintas, jika dilihat senjata mainan buatan Yaya mirip dengan yang asli, seperti senjata jenis AK 47, senjata penembak runduk Steyr SSG 69 sampai pistol. "Kalau untuk menembak tergantung jenisnya, ada yang bisa satu kali menembak, ada yang bisa sampai 12 kali," katanya.

Dikatakan, senjata mainan ini dibuatnya sendiri, tanpa bantuan orang lain. Yaya membuat senjata mainan untuk mengisi waktu luang disela pekerjaannya sebagai karyawan di toko kosmetik di kawasan Pasar Sandang Sumedang. Pembuatan satu senjata mainan bisa memakan waktu hingga tiga hari. Adapun senjata mainan bisa dibuat dari kayu jenis apa saja, tergantung pesanan. "Waktu bikinnya paling kalau sedang tidak kerja, dari pagi sampai sore itu bisa sampai tiga hari," ujarnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)