Penulis : Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

GUNUNG KUNCI - Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Kunci menargetkan pendapatan sebesar Rp 50 juta pada tahun ini. Target ini sesuai dengan yang ditetapkan tahun 2022 lalu.

Kepala Bidang Kehutanan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang Wawan Hernawan memgatakan kalau pihaknya saat ini terus melakukan penataan sekitaran Gunung Kunci agar tingkat kunjungan bertambah. "Tahun lalu kami juga ditargetkan Rp 50 juta dan realisasinya bisa mencapai Rp 53 juta, tahun ini kami inginkan bisa melebihi juga dari target yang telah ditetapkan," jelas Wawan, Jumat  (24/2/2023).

Dijelaskan Wawan,  adapun penataan yang akan dilakukan pihaknya tahun ini antara lain lebih memperbanyak areal untuk swafoto pengunjung. Kebetulan lanjut dia, di bagian dekat permainan anak ada lokasi yang bisa ditanami bunga bungaan dan lokasi itu akan dimanfaatkan untuk swafoto. "Di bagian belakang juga ada bangunan yang akan ditata sehingga akan lebih menarik bagi pengunjung," katanya.

Diakui Wawan untuk melakukan penataam di Tahura Gunung Kunci memang terbatas, untuk bisa menanam bunga untuk swafoto saja misalnya harus mencari areal yang tersinar matahari. "Seperti diketahui pohon pohon di Gunung kunci sudah berumur puluhan tahun dan besar besar sehingga sinar matahari yang tembus ke bawah cukup sedikit," tambahnya.

Wawan cukup optimis bila kunjungan ke Tahura Gunung Kunci tahun ini akan meningkat seiring dengan telah beroperasinya jalan Tol Cisumdawu. "Bila kunjungan banyak maka secara otomatis pendapatanpun akan meningkat sehingga Tahura Gunung Kunci bisa lebih banyak menyumbang PAD," jelasnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)