728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Senangnya Warga Desa Malaka Karena Harga Tanahnya Naik Berlipat
10 Mei 2019 | 46 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Warga Desa Malaka di Kecamatan Situraja senang karena harga tanahnya kini naik. Kenaikan bisa dua kali lipatnya. Dari pertumbaknya hanya Rp. 500 ribu kini bisa mencapai Rp. 1,5 juta lho.

Menurut Camat Situraja Sutisna, adanya harga pasaran tanah di Desa Malaka karena keberadaan Bendung Rengrang. Bendung ini dibangun sebagai kompensasi atas dibangunnya Bendungan Jatigede. Meski bendung ini belum beroperasi tapi warga sudah merasakan manfaatnya.

“Harga tanah saja sekarang naik bisa dua kali lipatnya lebih, warga pun sangat senang karena asset mereka bernilai tinggi dan juga sudah mulai diincar banyak orang dan investor,” kata Sutisna, Jumat (10/5/2019).

Sutisna menambahkan warga pun sudah mulai diajak merencanakan usaha atau kegiatan lain yang dapat menunjang beroperasinya Bendung Rengrang dan para pengunjungnya. Konsep wisata di sekitar Desa Malaka juga sudah mulai banyak di lokasi ini.

Bendung Rengrang berada di perbatasan antara Desa Malaka dengan Desa Cijambe Kecamatan Paseh. Pengoperasiannya dengan membendung aliran air Sungai Cipeles. Adapun wilayah yang terairi diantaranya sawah tadah hujan di wilayah Desa Pasirreungit dan Padanaan Kecamatan Paseh. Paling besar dirasakan manfaatnya oleh petani di wilayah Kecamatan Ujungjaya dan Tomo. ***(nsa)

 




sumber :